Sejarah Batik Pekalongan

25/4/2015

Secara formalitas kapan batik pekalongan dikenal sungguh-sungguh gak terdokumentasikan. Diperkirakan tahun 1800-an batik pekalongan mulai dikenal. Di Deperindag sendiri mencatat pada tahun 1802 telah nimbul motif yang sejenis pohon-pohon dikit berwujud bahan busana yang sama dengan sosok khas gaun batik pekalongan dahulu dikala distart muncul.

Sejarah kemuadian mencatat, perkembangan signifikan batik pekalongan terbikin setelah perang yang kelihatanlah di tahun 1825 bahkan 1830 di sekitaran kerajaan-kerajaan mataram atau kami terus-menerus menyebutnya perang diponegoro. Perang yang terbentuk meminta melimpahnya famili dari asal keraton ataupun para pengikutnya diawali meninggalkan area kerajaan bagi menguber raga yang kian damai.

Mereka banyaknya yang tersiar kearah barat dan juga timur. Ke timur misalnya berperanan besar dalam mengenbangkan baju batik solo cantik. Di daerah-daerah pertama itulah manusia-manusia ini distart mengembangkan batik serupa mata pencaharian. hingga era ini pekalongan terus-terusan berkembang menjadi dan juga dibilang semacam kota batik.

Batik Pekalongan

batik pekalongan
Batik pekalongan selalu bertahan dan juga begitu digemari oleh setiap segmen pasar para pecinta batik sampai kini. Hal itu enggak lepas dari ratusan pebisnis kecil yang terus-terusan menggiati batik maupun enggak monopoli pebisnis yang bermodal besar saja.

Sejak berpuluh-puluh tahun yang kemudian sampai hari ini, sebagian besar tempat produksi baju batik pekalongan serta tiap-tiap komoditas batik pekalongan lainnya bukanlah di pabrik-pabrik besar tekstil tapi hingga waktu itu dikerjakan di rumah-rumah. Kondisi ini menjadi paling positif dan juga paling menyatu kental dengan insan Pekalongan. Batik pernah menciptakan nafas nyawa sehari-hari penduduk pekalongan yang menghidupi serta dihidupi oleh warga pekalongan.

Inovasi-inovasi yang dilakukan oleh perajin batik di pekalongan membikin batik menciptakan beraneka macam barang ciptaan yang ditawarkan dimasyarakat. Batik-batik pekalongan sudah berkembang membuat barang ciptaan baju, celana, blus batik wanita modern, gamis, bahkan sendal-sendal yang dibuat dengan padu padan dari motif kain batik. Motif-motif hasil produksi batik dari Pekalongan memang mempunyai sosok maupun nuansa yang begitu khas dan sangat mencolok atau eye catching, terpaksa diakui saat dahulu motif gaun pekalongan sudah mencapai perkembangan yang betul-betul pesat dengan menonton mengikuti perkembangan corak disetiap zamannya. Hal inilah yang membentuk batik pekalongan selalu digemari.

Para perajin maupun pengusaha-pengusahanya sudah gak terpenjara serta mempedulikan motif batik dengan pakem-pakem turunan dari nenek moyang kerajaan, tetapi yang dikembangkan ialah motif yang memiliki biaya bisnis keatas. jikalau muncul eka motif batik tertentu laris manis ataupun digemari di pasaran, maka perajin dan juga pebisnis akan membangun selalu sampai selera pasar atau pembeli menurun. perajin serta pemilik bisnis batik Pekalongan tatkala itu salah satunya cuman memproduksi blus atasan batik wanita dengan motif pekalongan aman dengan selera masyarakat.

Oleh dampak ini tidak kaget batik-batik dari area pekalongan mempunyai kekhasannya sendiri sehingga betul-betul berbeda dari batik-batik dari kawasan penghasil batik berbeda hal ini membangun produksi batiknya sangat digemari setiap segmen pasar. bagi memahami ataupun menguasai bagaimana batik yang hendak elo belanja berasal dari produksi pekalongan sangat enteng ataupun tidak amat sulit, kekhasan yang sungguh-sungguh tampak oleh kasat mata dari produksi batik Pekalongan, berupa:

Motif-motif batik hasil struktur pembatikannya sungguh kekinian atau moderen sehingga paling digemari karena berbau kontemporer atau mengambil perkembangan periode ataupun trend fashion. Hal tersebut menjadikan para pembatik ataupun perajin batik di pekalongan amat inovatif. kali ini sangat banyak gaun batik pekalongan yang memiliki motif inovasi aliansi dengan bernuansa negara-negara asia timur ataupun barat sejenis dari India, Arab, Jepang, Arab maupun negara-negara lain

http://senandung.net/batik/baju-batik-pekalongan/

| Contact author |